Bukit Rumpit Bike Park, Paduan Wisata Alam dan Olah Raga di Banjarnegara - Kilas Cepat

01 September 2017

Bukit Rumpit Bike Park, Paduan Wisata Alam dan Olah Raga di Banjarnegara

Bukit Rumpit Bike Park, Paduan Wisata Alam dan Olah Raga di Banjarnegara
Sekitar Banjarnegara (Via Suara Merdeka) - Kebutuhan rekreasi sekaligus olah raga akhir-akhir ini semakin menjadi trend dan menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat.

Sadar terhadap hal itu, sejumlah pemuda di Desa Salamerta, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara, menyulap desanya sebagai salah satu tujuan rekreasi alam yang berada di perbukitan. Rumpit Bike Park, begitu warga desa setempat menamainya. Kehadirannya untuk memberikan solusi bagi pecinta olah raga sepeda sekaligus berwisata alam untuk melepas penat.

Inisiator Rumpit Bike Park, Kartono, mengatakan, lokasinya yang berada di jajaran perbukitan Kabupaten Banjarnegara bagian selatan, memang menjadi pesona dan tantangan tersendiri. “Warga bekerjasama dengan lembaga masyarkat desa hutan dan Perhutani.

Karena sebagian besar memang menggunakan lahan milik Perhutani,” ujar dia. Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan berolah raga jalan kaki mendaki bukit di Rumpit Bike Park serta bisa mencoba sensasi naik sepeda di puncak perbukitan. 

#Spot Foto

Spot untuk berfoto ria juga sudah tersedia dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Pengunjung bisa berfoto di atas bebatuan, di lorong dan rumah pohon yang sudah dilengkapi dengan pengaman sehingga aman bagi pengunjung. Bagi yang akan menginap tersedia juga camping ground untuk memasang tenda.

Sehingga sangat tepat untuk mengisi liburan bersama dengan keluarga. Dan khusus bagi pecinta sepeda gunung terdapat track atau jalur sekitar 5 kilo, menyusuri puncak perbukitan. “Dijamin biker akan ketagihan bersepeda di atas puncak perbukitan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah,” lanjutnya.

Bagi komunitas sepeda yang akan ke rumpit bike park, harus memesan jadwal terlebih dahulu dengan pengelola karena biasanya pada hari libur atau weekend banyak yang berminat. Dia menambahkan rumpit bike park ini berawal dari komunikasi di jejaring media sosial tentang potensi wisata alam di bukit rumpit dengan salah sejumlah anggota komunitas sepeda.

Ternyata setelah berdiskusi panjang dan survei langsung ke lokasi, bukit rumpit dinilai sangat cocok dan menantang untuk pecinta sepeda gunung. Ke depan, rumpit bike park ini akan disinergikan dengan sejumlah potensi yang ada di Desa Salamerta.

Seperti agrowisata dan wisata industri kreatif berbahan kayu dan bambu serta industri makanan ringan yang nantinya berharap Desa Salamerta bisa menjadi Kampung Wisata dan Wirausaha. Adapun Haryono, Ketua Pokdarwis Desa Salamerta, mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan ke bukit Rumpit semakin meningkat.

Libur lebaran dan libur akhir pekan jumlah pengunjung diatas 200 orang per hari. Sedangkan komunitas sepeda gunung yang sengaja mencoba jalur sepeda gunung rata-rata diatas 20 orang per hari khususnya pada hari libur.

Pihaknya terus berupaya agar rumpit bike park ini ramai dikunjungi pengunjung. Diantaranya dengan penambahan fasilitas pendukung sehingga pengunjung akan lebih betah dan tidak kapok lagi datang berkunjung di kemudian hari.

Sedangkan Galuh, salah satu pecinta sepeda gunung saat menjajal jalur di bukit rumpit mengatakan, jalur sepeda sangat bagus dan menantang dan menjadi yang terbaik di eks-Karesidenan Banyumas dan Kedu. “Sangat bagus karena menyusuri puncak perbukitan sehingga olah raga nya dapat dan rekreasinya juga dapat,” terangnya. (19) 

Source: Suara Merdeka

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda