15 Tips menulis ala Maefta Saefudin - Kilas Cepat

17 September 2015

15 Tips menulis ala Maefta Saefudin

Menjadi seorang penulis seperti menantang diri sendiri. Menulis sama beratnya dengan pekerjaan lain jika belum mendapatkan kenyamanan saat menulis. Dengan menulis pikiran akan lebih terbuka, ide-ide keluar dan mengalir dengan sendirinya. Banyak tips agar menjadi penulis hebat salah satunya segera untuk menulis. Penulis tidak pernah merasakan yang namanya jenuh. Menulis bagaikan semangat terpendam yang selalu ingin segera melakukannya lagi.

Saat menulis Anda merasakan sesuatu yang unik keluar dari pikiran anda. Seorang penulis yang sudah handal atau professional menulis itu sudah menjadi hobi (kebiasaan), bukan pekerjaan yang terpaksa harus di kerjakan, kalau di paksakan ini akan menjadikan tekanan tersendiri nantinya. Bila menulis sebagai hobi, pasti Anda merasa aneh jika belum menulis sesuatu dalam waktu yang jangka lama. Berikut ini 15 tips agar menjadi penulis hebat ala Maefta Saefudin :

15 Tips sederhana agar bisa menjadi Penulis hebat
15 Tips sederhana agar bisa menjadi Penulis hebat
#1 – Segera menulis.

#2 – Jangan Menunda. Matikan smartphone, televisi, internet dan segera mengambil tempat untuk menulis.

#3 – Cari tempat yang nyaman untuk menulis. Buat diri Anda senyaman mungkin.

#4 – Membaca sesering mungkin. Rajin membaca lebih memudahkan saat menulis.

#5 – Membaca karya tulisan orang lain yang sukses. Belajar dari mereka. Sehingga mendapat inspirasi dari penulis tersebut.

#6 – Menulislah setiap hari. Tulis apa yang Anda senangi. Jangan jadikan beban saat menulis. 

#7 – Cari inspirasi dari lingkungan sekitar untuk segera memulai menulis.

#8 – Buatlah sebuah blog untuk menampung tulisan Anda agar di baca banyak orang. Isi blog tersebut dengan berbagai artikel yang sudah Anda tulis, seperti berbagi pengalaman, menulis tutorial, opini dan lain-lain yang bermanfaat.

#9 – Mengoreksi tulisan sebelum Anda mempublishnya. Butuh 1-3 kali koreksi supaya Anda mengetahui apa yang harus di benahi dari tulisan tersebut agar hasilnya memuaskan.

#10 – Bergabung dengan kelompok penulis sebagai wadah diskusi agar memudahkan jika Anda mendapatkan kendala saat menulis.

#11 – Perhatikan tata bahasa saat menulis, gunakan bahasa yang mudah di mengerti orang banyak. Supaya tulisan Anda di senangi dan mereka kembali untuk membacanya lagi. Jangan memakai singkatan yang tidak jelas yang memusingkan.

#12 – Menulislah, walaupun hasilnya kurang memuaskan. Anda tidak akan bisa menulis kalau  masih mempunyai rasa malu karena hasil yang kurang memuaskan.

#13 – Cari referensi untuk memperkuat tulisan Anda sehingga mendapat kepercayaan dari pembaca.

#14 – Jangan malu bertanya. Jangan budayakan rasa malu bila Anda bercita-cita ingin jadi penulis handal.

#15 – Apa yang Anda tunggu, ayo segera menulis.

Sumber: Maefta Saefudin, dan hal absurd lainya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda